Header Ads

3.1 Jelaskan apa yang anda ketahui tentang video games dan berikan contoh video game yang anda suka


Video game adalah gim elektronik yang melibatkan interaksi dengan antarmuka pengguna untuk menghasilkan umpan balik visual pada perangkat video seperti layar TV atau monitor komputer. Kata video dalam permainan video secara tradisional mengacu pada perangkat tampilan raster, tetapi pada tahun 2000-an, ini menyiratkan semua jenis perangkat layar yang dapat menghasilkan gambar dua atau tiga dimensi. Beberapa ahli teori mengkategorikan permainan video sebagai bentuk seni, tetapi penunjukan ini kontroversial.

Sistem elektronik yang digunakan untuk memainkan video game dikenal sebagai platform; Selain komputer untuk keperluan umum seperti laptop / desktop yang digunakan, ada perangkat yang dibuat khusus untuk bermain gim video. Platform berkisar dari komputer mainframe besar ke perangkat komputasi genggam kecil. Video game dikembangkan dan dirilis untuk platform tertentu; misalnya, gim video yang tersedia untuk Steam mungkin tidak tersedia untuk Xbox One. Video game khusus seperti gim arcade, di mana komponen gim video ditempatkan dalam sasis besar, biasanya dioperasikan dengan koin, sementara umum pada tahun 1980-an di arcade video, secara bertahap menurun karena ketersediaan luas konsol gim video rumah yang terjangkau ( misalnya, PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Switch) dan permainan video di desktop / laptop dan smartphone.

Perangkat input yang digunakan untuk permainan, pengontrol permainan, bervariasi di seluruh platform. Pengontrol umum termasuk gamepads, joystick, perangkat mouse, keyboard, layar sentuh perangkat seluler, atau bahkan tubuh seseorang, menggunakan sensor Kinect. Pemain melihat permainan pada perangkat layar seperti televisi atau monitor komputer atau kadang-kadang pada kacamata virtual yang dipasang di kepala virtual reality. Sering ada efek suara permainan, musik dan garis aktor suara yang berasal dari pengeras suara atau headphone. Beberapa game pada tahun 2000-an mencakup efek haptic, menciptakan getaran, memaksa periferal umpan balik dan headset virtual reality.

Pada tahun 2010, kepentingan komersial industri video game semakin meningkat. Pasar Asia yang sedang tumbuh dan game mobile pada smartphone khususnya mendorong pertumbuhan industri. Pada 2015, video game menghasilkan penjualan sebesar US $ 74 miliar setiap tahun di seluruh dunia, dan merupakan segmen terbesar ketiga di pasar hiburan AS, di belakang siaran dan TV kabel.

Contoh game

MOBA


Multiplayer online battle arena, atau yang biasa disingkat MOBA, merupakan cabang dari genre real-time strategy(RTS) yang dibubuhi elemen action ekstra. Kalau di RTS pemain biasanya mengontrol beberapa unit sekaligus serta sibuk mengembangkan koloni, di MOBA pemain hanya berfokus pada satu karakter dari sederet pilihan yang memiliki kemampuan unik tersendiri. Yang menjadi misi utama dalam MOBA biasanya adalah menghancurkan markas utama musuh, dengan bantuan unit yang muncul secara periodik dan dikontrol oleh AI – biasa disebut dengan istilah creep atau minion.
Leluhur genre ini adalah Defense of the Ancients, atau yang lebih kita kenal dengan nama DotA, yang merupakan sebuah mod untuk game Warcraft III. Popularitasnya melahirkan judul-judul populer di ranah e-sport saat ini, seperti Dota 2 dan League of Legends.
MOBA juga mulai merambah ranah mobile lewat game macam Vainglory, dan developer semakin kreatif memadukan MOBA dengan genre lain; contoh terbaiknya adalah Battleborn garapan Gearbox yang merupakan kombinasi shooter dan MOBA.



Sumber:



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.