3.1 Jelaskan apa yang anda ketahui tentang video games dan berikan contoh video game yang anda suka
Video game adalah gim elektronik yang melibatkan
interaksi dengan antarmuka pengguna untuk menghasilkan umpan balik visual pada
perangkat video seperti layar TV atau monitor komputer. Kata video dalam
permainan video secara tradisional mengacu pada perangkat tampilan raster,
tetapi pada tahun 2000-an, ini menyiratkan semua jenis perangkat layar yang
dapat menghasilkan gambar dua atau tiga dimensi. Beberapa ahli teori
mengkategorikan permainan video sebagai bentuk seni, tetapi penunjukan ini
kontroversial.
Sistem elektronik yang digunakan untuk memainkan video
game dikenal sebagai platform; Selain komputer untuk keperluan umum seperti
laptop / desktop yang digunakan, ada perangkat yang dibuat khusus untuk bermain
gim video. Platform berkisar dari komputer mainframe besar ke perangkat
komputasi genggam kecil. Video game dikembangkan dan dirilis untuk platform
tertentu; misalnya, gim video yang tersedia untuk Steam mungkin tidak tersedia
untuk Xbox One. Video game khusus seperti gim arcade, di mana komponen gim
video ditempatkan dalam sasis besar, biasanya dioperasikan dengan koin,
sementara umum pada tahun 1980-an di arcade video, secara bertahap menurun
karena ketersediaan luas konsol gim video rumah yang terjangkau ( misalnya,
PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Switch) dan permainan video di desktop /
laptop dan smartphone.
Perangkat input yang digunakan untuk permainan,
pengontrol permainan, bervariasi di seluruh platform. Pengontrol umum termasuk
gamepads, joystick, perangkat mouse, keyboard, layar sentuh perangkat seluler,
atau bahkan tubuh seseorang, menggunakan sensor Kinect. Pemain melihat
permainan pada perangkat layar seperti televisi atau monitor komputer atau
kadang-kadang pada kacamata virtual yang dipasang di kepala virtual reality.
Sering ada efek suara permainan, musik dan garis aktor suara yang berasal dari
pengeras suara atau headphone. Beberapa game pada tahun 2000-an mencakup efek
haptic, menciptakan getaran, memaksa periferal umpan balik dan headset virtual
reality.
Pada tahun 2010, kepentingan komersial industri video
game semakin meningkat. Pasar Asia yang sedang tumbuh dan game mobile pada
smartphone khususnya mendorong pertumbuhan industri. Pada 2015, video game
menghasilkan penjualan sebesar US $ 74 miliar setiap tahun di seluruh dunia,
dan merupakan segmen terbesar ketiga di pasar hiburan AS, di belakang siaran
dan TV kabel.
Contoh game
MOBA
Multiplayer online battle arena,
atau yang biasa disingkat MOBA, merupakan cabang dari genre real-time
strategy(RTS) yang dibubuhi elemen action ekstra. Kalau di
RTS pemain biasanya mengontrol beberapa unit sekaligus serta sibuk
mengembangkan koloni, di MOBA pemain hanya berfokus pada satu karakter dari
sederet pilihan yang memiliki kemampuan unik tersendiri. Yang menjadi misi
utama dalam MOBA biasanya adalah menghancurkan markas utama musuh, dengan
bantuan unit yang muncul secara periodik dan dikontrol oleh AI – biasa disebut
dengan istilah creep atau minion.
Leluhur genre ini adalah Defense of the Ancients,
atau yang lebih kita kenal dengan nama DotA, yang merupakan sebuah mod untuk game Warcraft
III. Popularitasnya melahirkan judul-judul populer di ranah e-sport saat
ini, seperti Dota 2 dan League of Legends.
MOBA juga mulai merambah ranah mobile lewat game macam Vainglory, dan developer semakin
kreatif memadukan MOBA dengan genre lain; contoh terbaiknya adalah Battleborn
garapan Gearbox yang merupakan kombinasi shooter dan MOBA.
Sumber:
Post a Comment